Saturday, March 9, 2013

LAYANAN INTERNET

Apa sajakah yang dapat kita lakukan di saat kita sedang menggunakan yang namanya internet? Jawabannya adalah "Sangat..sangat..banyak ". Berikut akan saya jelaskan apa saja yang dapat kita lakukan atau layanan apa saja yang ada di internet. Namun sebelum itu kita harus mengetahui dulu pengertian dari Internet itu sendiri.


Pengertian Internet adalah Hubungan atau koneksi dari satu komputer ke komputer yang lainnya di seluruh dunia melalui server dan rauter terdedikasi. Ketika dua komputer terhubung melalui internet, mereka bisa saling mengirim dan menerima informasi berupa teks, gambar, suara dan program komputer berupa sofhwhere ataupun aplikasi.

Berikut beberapa layanan-layanan yang ada di internet, antara lain :

1. E-mail ( Electronic Mail)

Email istilah Indonesia adalah surat elektronik, adalah aplikasi yang memungkinkan para pengguna internet untuk saling berkirim pesan melalui alamat elektronik di internet. Para pengguna email memilki sebuah mailbox (kotak surat) elektronik yang tersimpan dalam suatu
mailserver (situs penyedia layanan email). Dengan fasilitas ini kita bisa mengirim atau menerima e-mail dari dan ke pengguna internet di seluruh dunia. Jika di bandingkan dengan pos, fasilitas e-mail jauh lebih cepat. Kita bisa mengirim e-mail ke teman yang berada di luar negeri hanya dalam waktu beberapa menit dan tidak perlu kuatir surat tersebut akan rusak karena hujan atau hal-hal lainnya. 

Saat ini, email tidak hanya berisi teks saja tetapi sudah bisa dilampiri dengan grafik, gambar foto dan juga suara bahkan animasi. Email juga dapat digunakan untuk berkirim surat secara langsung kepada beberapa orang sekaligus. Berkirim dan menerima email, saat ini sudah menjadi hal yang umum dilakukan orang di internet. Kita bisa berkomunikasi dengan siapa saja di seluruh dunia. 
2. USENET Newsgroup (forum)

Newsgroups adalah juga salah satu discussion groups yang ada di internet. newsgroups menggunakan komputer jaringan khusus yang disebut sebagai UseNet. Setiap komputer terdapat beberapa newsgroup. Setiap newsgroups diatur berdasarkan satu topik general yang kemudian dibagi menjai beberapa subtopik dibawahnya.


3. LISTSERV

Listserv adalah, Komputer yang mengotomatiskan pengiriman e-mail (bertindak sebagai pusat distribusi untuk pesan-pesan e-mail). Salah satu contoh adalah EDTECH yang para anggotanya mendiskusikan topik-topik yang terkait dengan teknologi pendidikan.

4. Internet Relay Chat (Chatting)

Layanan IRC, atau biasa disebut sebagai “chat” saja adalah aplikasi Internet yang digunakan untuk bercakap-cakap di Internet. Bentuk komunikasi di intenet yang menggunakan sarana baris-baris tulisan yang diketikkan melalui keyboard. Dalam sebuah sesi chat, komunikasi terjalin melalui saling bertukar pesan-pesan singkat. kegiatan ini disebut chatting dan pelakunya disebut sebagai chatter. Para chatter dapat saling berkomunikasi secara berkelompok dalam suatu chat room dengan membicarakan topik tertentu atau berpindah ke modus private untuk mengobrol berdua saja dengan chatter lain.

5. Instant Messaging

Instant Messaging. bentuk komunikasi pesan singkat antara dua orang atau lebih menggunakan teks yang diketik. teks dikirim melalui komputer yang terhubung melalui sebuah jaringan, LAN atau Internet. Teknologi IM diciptakan untuk menutupi kelemahan e-mail yang dinilai kurang efisien dan tidak realtime. sebagian besar software IM terdiri dari dua komponen : Software server dan client. sebagai program IM dapat dioperasikan melalui web browser, namun kebanyakan membutuhkan instalasi software client di PC.

6. Telnet

Beberapa server di internet memperbolehkan kita untuk mengaksesnya dan menjalankan beberapa program yang diinstal pada komputer itu. Layanan ini disebut sebagai telnet. Penggunaan server ini sama seperti kalau kita melakukannya pada komputer di jaringan lokal.

7. Internet Telephony (VoIP)

Adalah layanan yang memungkinkan pengguna melakukan komunikasi telepon dengan pengguna lain melalui internet. Dalam hal ini kita juga mengenal Internet Telephony yaitu fasilitas untuk berkomunikasi dgn suara melalui internet menggunakan pesawat telepon. Pulsa yang dibayar sama dengan pulsa internet walapun dilakukan secara SLJJ atau SLI. Software yang digunakan untuk telephony adalah Net2phone, buddytalk, media ring talk dll.

8. Internet FAX

Internet juga dapat digunakan untuk mengirim faximili yang secara umum dilakukan melalui mesin faksimili. Biaya yang dibebankan adalah biaya lokal atau sama dengan internet. Fasilitas ini sangat mempermudah para sekretaris perusahaan untuk mengirim faksimili dalam jumlah yang banyak.

9. Streaming Audio dan Video

Pengertian yang didapat streaming merupakan proses pengiriman data kontinyu atau secara terus-menerus, yang dilakukan secara broadcast melalui internet untuk ditampilkan ke aplikasi streaming pada computer, dan streaming pun bisa dilakukan secara live atau real time, juga tidak langsung atau on-demand. Streaming memiliki dua macam, yakni streaming audio dan streaming video. Pengertian streaming audio itu sendiri untuk mendengarkan siaran secara live melalui internet. Tetapi tidak mendownload terlebih dahulu lalu menyimpannya di computer, dengan streaming ini dapat mendengarkan tanpa harus mendownloadnya. Contohnya seperti winamp untuk mp3, real audio untuk ram, dan lipuid radio serta AMIP dll. Sedangkan pengertian dari video streaming adalah untuk melihat langsung siaran video melalui internet, tanpa mendownload dan menyimpannya di computer sebelumnya. Dengan adanya video streaming ini, kita dapat menonton video yang diinginkan. Misalnya untuk menonton siaran televisi melalui internet, baru-baru ini pun juga bisa melihatnya melalui mobile. Jadi dalam perkembangan tekhnologi informasi ini, streaming lebih mengarah kepada tekhnologi yang dapat melakukan kompresi terhadap file audio maupun video. Dengan tujuan untuk mempermudah dalam mentransfer melalui jaringan internet. Dimana proses tersebut dilakukan secara stream atau terus menerus untuk file audio dan video tersebut. Sedangkan bagi para pemakai, streaming merupakan tekhnologi untuk mempermudah dalam menjalankan file audio ataupun video tanpa harus menyimpannya terlebih dahulu. Namun sebelumnya pemakai harus memiliki perangkat atau aplikasi streaming terlebih dahulu, lalu bisa menikmati kemudahan tekhnologi yang satu ini.

10. Ghoper

Gopher adalah aplikasi perangkat lunak yang tesusun atas untaian menu sistem pencarian dan penemuan kembali. Situs Gopher adalah komputer yang menampilkan menu-menu yang mewakili data dan informasi yang tersedia. Secara mendasar, menu-menu ini adalah daftar isi untuk mengolah dan menunjuk ke sebuah informasi tertentu. Layanan ini menggunakan FTP untuk pertukaran file dan Telnet untuk koneksi dengan server tertentu.

11. FTP (File Transfer Protocol)

FTP adalah aplikasi Internet yang digunakan untuk mengirimkan atau mengambil file ke atau dari sebuah komputer lain melalui jarinagan internet.Fasilitas ini memungkinkan para pengguna internet untuk melakukan pengiriman (upload) atau mengunduh (download) sebuah file antara komputer lokal dengan komputer lain yang terhubung dalam jaringan internet. Ribuan situs FTP menawarkan banyak file yang dapat di download. File-file yang dapat di download dapat berupa file-file yang berisi game, foto atau gambar-gambar, peta, artikel-artikel, utility-utility program aplikasi dan yang lainnya. Protokol standar yang digunakan untuk keperluan ini disebut sebagai File Transfer Protocol (FTP).

FTP umumnya dimanfaatkan sebagai sarana pendukung untuk kepentingan pertukaran maupun penyebarluasan sebuah file melalui jaringan internet. FTP juga dimanfaatkan untuk melakukan prosesupload suatu halaman web ke webserver agar dapat diakses oleh pengguna internet lainnya.

12. www (World Wide Web)

Adalah layanan internet yang paling banyak dikenal orang dan paling cepat perkembangan teknologinya. Layanan ini menggunakan link hypertext yang disebut hyperlink untuk merujuk dan mengambil halaman-halaman web dari server. Halaman web dapat berisi suara, gambar, animasi, text, dan program perangkat lunak yang menyusunnya menjadi dokumen yang dinamis. Pengguna dapat melihat World Wide Web dari sebuah browser yaitu program yang dapat menampilkan HTML (skrip halaman web).
13. Search Engine 

Adalah mesin pencari, yang dapat mencari informasi-informasi yang ada di internet dengan lebih mudah, hanya dengan mengetik kata kunci (keyword). Beberapa search engine yang dapat digunakan antar lain Google, Yahoo, Alvista, Wisenut, Alltheweb, Looksmart, HotBot dan lain-lain. 
14. Social Networking 

Social networking (Jejaring Sosial) mirip dengan fasilitas Newsgroup. Dengan fasilitas ini pengguna dapat berhubungan dengan orang darimanapun dan kapanpun yang Anda mau. Contoh jejaring sosial yang berkembang sekarang adalah Facebook, Twitter, Myspace, Friendster dll. 

15. Discussion Group 

Biasanya kita gunakan email untuk orang-orang yang sudah kita kenal dengan baik, akan tetapi kita juga dapat gunakan email untuk saling bertukar informasi, berdiskusi dan berdialog dengan orang lain. Kita dapat berpartisipasi dalam diskusi dan debat dengan topik yang beragam mulai dari hobi sampai pada permasalahan komputer atau malah masalah hiburan dan artis.

16. Mailing List.

Mailing List (Milis) adalah aplikasi Internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satukelompok melalui email. Setiap email yang dikirim ke alamat milis akan dikirim ke seluruh alamat email yang terdaftar sebagai anggota milis tersebut. Milis sebenarnya bentuk lain dari email. Fasilitas ini digunakan oleh kelompok-kelompok untuk bertukar informasi dan berdiskusi sesama anggota kelompok. Milis mempunyai sifat yang sama dengan email. Orang-orang yang memiliki email, membentuk suatu kelompok dan email-kelompok, di kelompok ini mereka bisa saling bertukar informasi. Jadi misalnya si A mau memberi tahu suatu rencana kegiatan kelompoknya, dia tidak perlu mengirim email satu-satu ke tiap anggota kelompok. Si A ini hanya perlu mengirim berita itu sekali saja ke alamat email-kelompok ini, dan semua anggota akan menerimanya di email mereka masing-masing. Di internet juga banyak tersedia Mailing List, fasilitas yang memungkinkan kita untuk saling berbagi informasi mengenai topik-topik tertentu dengan orang lain. Jika kita bergabung dengan salah satu mailing list, kita bisa menerima dan mengirim e-mail ke semua anggota mailing list tersebut. Untuk menjadi member sebuah milis dimulai dengan mengirim email ke subsription address. Setelah menjadi member kita bisa menerima email dari yang lain dan juga mengirimkan email ke milis.

17. Video Conference

Adalah fasilitas di internet yang dapat berbicara, sekaligus melihat lawan bicara secara langsung di layar monitor. Untuk menggunakan fasilitas video conference dibutuhkan perangkat tambahan, seperti kamera (web cam), mikropon, speaker atau earphone, dan program video conference misalnya CU-SeeMe.

18. PING

Ping adalah singkatan dari Paket Internet Gopher. Ping digunakan untuk mengetahui apakah komputer yang kita gunakan mempunyai hubungan (terkoneksi) dengan komputer lain di Internet. Pengecekan hubungan ini dilakukan dengan cara mengirimkan sejumlah paket data.

No comments:

Post a Comment