Saturday, March 9, 2013

JENIS - JENIS BAHASA PEMOGRAMAN

Di kesempatan ini saya akan mencoba menjelaskan JENIS-JENIS BAHASA PEMOGRAM, dan semoga bermanfaat untuk sobat yang membaca artikel saya ini.

Jenis-jenis bahasa pemograman antara lain :

1. Bahasa Mesin
    Bahasa Mesin  (Machine Language) atau kode mesin merupakan seperangkat instruksi serta data yang dapat dieksekusi secara langsung oleh prosesor komputer. Kode mesin merupakan tingkatan yang paling rendah dari bahasa pemrograman dan biasanya digunakan sebagai tujuan kompilasi oleh kompiler pada bahasa-bahasa pemrograman lain dalam tingkatan yang lebih tinggi. Penerjemahan kode pada bahasa pemrograman interpretatif atau bahasa skrip umumnya tidak termasuk dalam kriteria tersebut karena umumnya bahasa skrip menerjemahkan kode sumber menjadi P-Code, kode penjembatan antara kode sumber dan kode mesin. Meski demikian, umumnya bahasa skrip populer yang ada saat ini telah menambahkan kompiler JIT (Just In Time) integratif yang secara hibrida mengkompilasi instruksi-instruksi P-Code yang paling sering dieksekusi menjadi kode mesin.

2. Bahasa Rakitan
     Bahasa Rakitan (Assembly Languageadalah bahasa pemrograman tingkat rendah yang
menggunakan simbol-simbol (mnemonics) sebagai representasi dari instruksi kode mesin dengan tujuan agar lebih mudah dipahami oleh manusia sehingga memungkinkan sebuah program komputer dibuat secara lebih mudah.

3. Bahasa Prosedural
    Bahasa pemrograman yang menggunakan pendekatan prosedural. Instruksi program ditulis menggunakan kata-kata yang biasa digunakan oleh manusia. Contoh : WRITE (untuk menampilkan kelayar) READ (untuk membaca data masukan dari keyboard). Bahasa pada generasi ini disebut juga Bahasa beraras tinggi /High Level Language.
Contoh bahasa pemrogaman Prosedural :PASCAL, FORTRAN, C, COBOL, BASIC dll.

4. Bahasa Tidak Prosedural
   Merupakan Bahasa Non-Prosedural. Bahasa pemrograman yang dirancang untuk mengurangi waktu pemrogram untuk membuat program sehingga pembuatan program dibuat dengan waktu lebih cepat. Program ini dapat digunakan oleh pemakai yang kurang mengenal hal-hal teknis pemrograman tanpa perlu bantuan seorang programmer professional. Contoh : Membuat program database sederhana dengan Microsoft Access. Bahasa Tidak Prosedural disebut juga dengan Very High Level Language atau Problem Oriented Language (bahasa yang berorientasi pada masalah) karena memungkinkan pemakai menyelesaikan masalah dengan sedikit penulisan kode pemrograman dibandingkan dengan bahasa prosedural. 
Fasilitas yang tersedia di dalam Bahasa Tidak Prosedural antara lain :
- Program Generator (untuk membuat aplikasi mudah).
- Report Generator (untuk membuat laporan dengan mudah dan cepat)
- Bahasa Query (SQL).
Dengan adanya fasilitas ini programmer sedikit dalam menuliskan kode instruksi.
Contoh : Oracle, Microsoft Access dsb.

5. Bahasa AI (Artificial Intelligence)
   Merupakan bahasa pemrograman yang ditujukan untuk menangani kecerdasan buatan (artificial intelligence) AI. AI adalah disiplin dari ilmu komputer yang mempelajari cara komputer meniru kecerdasan manusia.
Contoh Aplikasi :
- Pemrosesan Bahasa Alami mengatur komputer agar bisa berkomunikasi dengan manusia    
   melalui bahasa manusia.
- Aplikasi Sistem Pakar program komputer yang dapat menghasilkan pemikiran yang setara 
   dengan seorang pakar.
Contoh Bahasa Pemrograman : PROLOG dan LISP.

No comments:

Post a Comment